Kaki Kenari Jamuran? Ini Cara Cepat Atasinya Dijamin Ampuh dan Gacor Kembali

Rajakicau.com – Pemilik burung kenari sering sekali mengeluh dan bingung bagaimana cara mengobatinya jika kaki kenari jamuran hingga terlihat membengkak. Pasalnya kaki burung akan terlihat jelek dan sangat mengganggu. Sehingga tak jarang yang mencari berbagai metode untuk mengatasi kaki kenari yang penyakitan. Baca Juga: Ini 7 Manfaat Gambas Untuk Kenari! No 2 Bikin Gacor Ngeroll

Namun sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara mengatasi kaki kenari yang jamuran. Ada baiknya pemilik burung mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang menyebabkan kaki kenari jamuran.

Dengan begitu pemilik burung dapat memberikan pengobatan yang tepat. Untuk lebih jelasnya, simak terus pembahasan berikut:

Penyebab Kaki Kenari Jamuran

Perlu diketahui bahwa penyakit jamur yang sering menyerang kaki burung kenari atau yang lebih dikenal dengan istilah penyakit bubul disebabkan oleh bakteri StaphyloCoccus. Bakteri StaphyloCoccus ini sering menyerang permukaan kulit kaki burung kenari sehingga kaki burung kenari akan membengkak.

Kaki kenari yang terserang jamur pada awalnya hanya akan terlihat seperti ada benjolan merah seperti jerawat yang lama kelamaan akan semakin membesar dan membengkak. Dalam kondisi yang parah biasanya kulit kaki kenari akan terlihat akan terlepas.

Bakteri StaphyloCoccus ini biasanya menyerang kaki kenari karena beberapa faktor. Diantaranya yaitu:

  • Sarang burung yang kotor dan jarang dibersihkan.
  • Tangkringan burung yang lembab dan kotor.
  • Material tangkringan yang tidak sesuai.

Perlu diketahui juga bahwa penyakit jamur ini tidak hanya menyerang kaki burung kenari saja. Namun burung-burung jenis lain juga sering terserang penyakit jamur serupa.

Baca Juga  Daftar Silangan Kenari! Pahami Biar Tidak Keliru

Cara Mengatasi Kaki Burung Kenari Yang Jamuran

Nah setelah mengetahui apa penyebab kaki kenari jamuran, sekarang saatnya untuk mengatasinya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya penyebab kaki kenari jamuran yaitu karena adanya bakteri StaphyloCoccus yang menempel pada kaki kenari. Bakteri ini muncul karena kandang kenari yang kotor. Berikut cara mengatasinya.

1. Obati Kaki Burung Yang Sudah Terinfeksi Jamur

Apabila burung kenari sudah terlanjur terinfeksi bakteri tersebut, sebaiknya segeralah untuk diobati sebelum semakin parah. Cara mengobatinya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Perhatikan cara-cara berikut ini:

  • Pertama-tama silahkan bersihkan kaki burung terlebih dahulu dengan cara mencucinya dengan menggunakan air hangat.
  • Setelah dicuci silahkan keringkan kaki burung hingga benar-benar kering.
  • Selanjutnya silahkan olesi kaki burung dengan menggunakan minyak tanah dan tunggulah beberapa saat hingga kaki kering dengan sendirinya.
  • Jika kaki sudah kering, selanjutnya silahkan olesi kaki kenari dengan menggunakan salep anti jamur. Ada banyak salep yang bisa digunakan, seperti salep 88, salep daktarin, salep canesten dan lain sebagainya.
  • Selama proses pengobatan burung kenari tidak perlu dimandikan selama 2 hari.
  • Jika sudah 2 hari silahkan ulangi cara ini hingga jamur pada kaki kenari benar-benar bersih.

2. Membersihkan Kandang Kenari Secara Rutin

Sembari mengobati kaki burung yang terkena jamur, pemilik juga harus memperhatikan kebersihan kandang burung. Kandang burung harus secara rutin dibersihkan. Hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan sumber dari bakteri dan untuk mencegah jamur yang bisa sewaktu-waktu menyerang kaki kenari kembali.

  • Langkah pertama silahkan siapkan air dan juga shampo jati jajar dan campurkan secara merata sesuai dengan ukuran.
  • Selanjutnya silahkan pindahkan burung kenari terlebih dahulu ke kandang yang lain.
  • setelah itu silahkan copot tangkringan burung dan juga alas kandang yang sudah dipenuhi kotoran.
  • Kemudian silahkan cuci alas dan juga tangkringan dengan menggunakan sikat hingga kotoran benar-benar bersih.
  • Jika kandang dan tangkringan sudah bersih selanjutnya silahkan pasang kembali. Dan kandang sudah siap untuk digunakan kembali.
Baca Juga  Pola Ekor Murai Gembung dan Non Gembung! Pemula Jangan Keliru

3. Menggunakan Obat Atau Salep Khusus

Kami merekomendasikan salep untuk kaki kenari yang kena jamuran bisa gunakan salep dengan merk KETOCONAZOLE, salep ini memang sebenarnya buat manusia, namun sesuai dengan penglaman kami dengan salep ini dijamin ampuh mengobati kenari yang jamuran.

Nah demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan juga cara paling mudah untuk mengatasi kaki kenari jamuran. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab utama jamur pada kaki kenari yaitu disebabkan oleh adanya bakteri karena kurangnya kebersihan kandang. Maka untuk mencegahnya silahkan bersihkan kandang secara rutin.

 

Tinggalkan komentar