Ini 3 Ciri Kenari Betina Siap Kawin! Pemula Wajib Tau

Rajakicau.com – Para pembudidaya burung kenari harus paham kapan dan bagaimana ciri-ciri kenari jantan dan kenari betina siap kawin. Hal ini perlu dipahami agar proses perkawinan sukses dan membuahkan hasil. Bagi yang sudah paham pasti tidak akan susah membedakan kenari yang sudah siap kawin dan yang belum. Baca Juga: Awas Ini 5 Pakan Kenari yang Dilarang! No 4 Sering Diberikan

Karena pada dasarnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Namun orang yang belum paham cara membedakannya tentu saja akan kesulitan melihatnya. Nah untuk yang ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara membedakan kenari betina siap kawin, simak terus penjelasan berikut!

Ciri-Ciri Kenari Betina Siap Kawin

Untuk mulai membudidayakan kenari maka pembudidaya harus menyiapkan kenari betina yang sudah siap kawin dan berkembang biak. Namun tidak boleh hanya sembarang kenari yang penting betina saja. Kenari yang dipilih haruslah kenari yang benar-benar sudah siap kawin agar proses budidaya sukses.

Kenari betina siap kawin dan yang belum siap kawin memiliki perbedaan yang sangat jelas. Berikut ini merupakan ciri-ciri kenari betina siap kawin:

1. Perubahan Perilaku

Umumnya kenari betina yang sudah siap kawin akan mengalami perubahan perilaku. Kenari betina yang sudah memasuki usia kawin biasanya akan terlihat lebih gelisah. Baca Juga: 5 Cara Agar Kenari Betina Cepat Membuat Sarang. Wajib Coba

Kenari betina yang siap kawin akan muncul naluri membuat sarang untuk bertelur. Sehingga jika terlihat kenari betina seperti sedang membuat sarang maka hal tersebut merupakan ciri-ciri kenari betina sudah siap kawin.

Baca Juga  Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kenari! No 2 Bikin Gacor Ngeroll

Selain itu perubahan perilaku juga bisa dilihat dari kicauan kenari betina. Umumnya kenari betina cenderung lebih pendiam dan jarang berkicau, jika kenari betina berubah menjadi lebih sering berkicau berarti kenari betina sedang menarik perhatian kenari jantan. Yang artinya kenari betina sudah siap untuk kawin.

2. Perubahan Fisik

Selain perubahan perilaku, kenari betina yang sudah siap kawin juga dapat dilihat dari perubahan fisik yang terjadi. Cara paling mudah untuk melihat perubahan fisik kenari betina yaitu lihatlah pada bagian alat kelaminnya.

Kenari betina yang sudah siap kawin biasanya kelaminnya akan menjadi lebih besar. Kemudian warnanya juga berubah menjadi lebih kemerahan.

3. Usia Burung

Selain melihat dari perubahan fisik dan juga perubahan perilaku, ada cara lain yang dapat digunakan. Cara yang paling cepat untuk menentukan apakah kenari betina sudah siap kawin atau belum dapat dilihat dari usia kenari.

Kenari jantan dan kenari betina memiliki perbedaan dalam hal usia kesiapan untuk berkembang biak. Umumnya untuk kenari jantan usia siap kawin nya jika sudah mencapai usia 9 bulan. Sedangkan untuk kenari betina usia siap kawin nya yaitu jika sudah berusia delapan bulan.

Dalam beberapa kasus banyak pembudidaya kenari yang mengalami kesulitan saat mengkawinkan kenarinya karena kenari betina tidak mau kawin. Biasanya kenari betina yang tidak mau kawin ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia yang masih terlalu muda, birahinya kurang dipancing dan kurang dikenalkan dengan pejantan.

Tips Sukses Mengawinkan Kenari

Meskipun kenari betina sudah memasuki usia siap kawin namun kesiapan kenari sendiri perlu didorong dan dipancing. Hal ini dapat mempercepat kesiapan kenari terutama kenari betina untuk kawin. Agar proses perkawinan kenari sukses dan membuahkan hasil, berikut ini tips nya:

  • Pastikan bahwa kenari betina telah memasuki usia siap kawin.
  • Tempatkan kenari betina di kandang yang lebih luas dan nyaman.
  • Sering-sering dekatkan kandang kenari jantan di sebelah kandang kenari betina untuk proses perkenalan.
  • Pancing kenari jantan untuk mengeluarkan suara yang nyaring di sebelah kenari betina, dengan begitu dapat menarik perhatian kenari betina.
Baca Juga  5 Cara Merawat Kenari Umur 2 Bulan Agar Cepat Gacor! Mudah dan Ampuh

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara melihat kenari betina siap kawin. Kenari baik jantan maupun betina jika sudah siap kawin maka akan terlihat beberapa perubahan baik pada perilaku maupun fisiknya.

 

Tinggalkan komentar