3 Ciri Ciri Kenari Jantan! Pecinta Kenari Wajib Tau

Rajakicau.com – Banyak orang tertarik memelihara burung kenari karena suaranya yang indah, terutama jantan. Namun sebelumnya ciri ciri kenari jantan penting untuk diketahui, sehingga tidak tertukar dengan yang betina. Sebab, ketika dilihat sepintas keduanya terlihat cukup mirip. Baca Juga: Pola Ekor Kenari Jantan! Pecinta Kenari Harus Tau

Bagi yang tidak terbiasa mengamati, mungkin masih bingung bagaimana membedakan keduanya. Namun seiring waktu, akan semakin mudah untuk mencari tahu dari beberapa karakteristik saja. Mari simak informasi selengkapnya di sini:

Mengenal Burung Kenari

Burung kenari, yang memiliki nama asli Serinus Canaria ini ditemukan oleh pertama kalinya oleh pelaut asal Prancis. Adalah Jean de Berthan, yang menemukannya di abad 15. Nama kenari sendiri berasal dari habitat asli hewan berbulu cerah ini, yaitu pulau Canary, tepatnya Madeira dan Azores.

Kepulauan ini berada di barat laut dari Afrika dan merupakan wilayah beriklim tropis. Meski begitu, kedua pulau tersebut iklimnya termasuk dalam subtropis. Kala itu, Madeira masih termasuk Portugal, sementara itu Azores adalah bagian dari Spanyol. Baca Juga: Ini Ciri Ciri Kenari F1 yang Berkualitas! Pemula Jangan Tertipu

Di awal penemuannya, kenari termasuk jenis burung yang liar namun pandai menyanyi. Oleh sebab itulah bangsa Spanyol membawa burung tersebut ke negaranya.

Seiring berjalannya waktu, nyanyian indahnya membuat banyak orang terpesona. Burung kenari semakin banyak dikembangbiakkan, kemudian dijual ke berbagai negara Eropa. Baca Juga: 3 Burung yang Tidak Boleh Dekat Dengan Kenari ! No 2 Kamu Punya

Hingga kini, Belanda menjadi negara yang banyak mengekspor kenari ke Indonesia. Kenari juga dikawinkan dengan jenis kenari yang lain, sehingga menghasilkan campuran yang unik. Peminatnya pun semakin bertambah, terutama dengan cantiknya warna-warna yang dihasilkan dan kelantangan suaranya.

Ciri Kenari Paud Jantan

Ciri Ciri Kenari Jantan
Ciri Ciri Kenari Jantan

Banyak orang yang berminat dengan kenari jantan, karena menghasilkan kicauan yang sangat merdu. Bahkan tidak jarang, kenari jantan diikutkan dalam kontes kicauan burung. Bagi yang tertarik membudidayakannya, simak ciri ciri kenari jantan berikut ini:

1. Karakteristik Fisik

Bila dilihat sepintas, fisik pada kenari jantan lebih panjang dan ramping. Tulang belakang berwarna cukup pekat dan tegas, dan jari-jarinya terlihat renggang dibandingkan betina. Mata umumnya sejajar dengan paruh, bukan di atasnya. Ini mulai bisa terlihat ketika kenari berumur sekitar tujuh hari.

Pada usia yang masih muda (sekitar tiga hingga lima hari), saluran di pembuluh vena nampak menurun dari arah perut ke dubur. Jadi, hal ini dapat diamati ketika usia kenari masih cukup muda.

Kemudian kepala kenari jantan juga lebih ramping, tidak membulat seperti betina. Untuk menemukan perbedaannya lebih mudah dapat dilihat di bagian dubur serta anus, yang cenderung lurus dan menonjol.

2. Karakteristik Perilaku

Selain penampilan fisik, perilaku kenari jantan juga memiliki karakteristik tersendiri. Suara yang dihasilkannya lebih keras/lantang, ngerol, serta lebih bervariasi. Ketika sudah berumur tiga minggu, biasanya sudah mulai lihai melompat.

Lompatan kenari jantan pun umumnya bisa lebih jauh dibandingkan betina. Selain itu, warna anakan yang termasuk jantan akan lebih terang, dan lebih cepat untuk belajar berkicau. Baca Juga: 7 Perawatan Kenari Mabung Agar Cepat Selesai dan Bunyi

Ciri Ciri Kenari Jantan Umur 3 Bulan

Pada bagian sebelumnya dibahas mengenai karakteristik kenari jantan secara umum. Namun, ciri-ciri tersebut belum tentu terlihat pada kenari yang usianya lebih muda. Untuk itu, perlu mengetahui bagaimana ciri-ciri kenari pada rentang usia tertentu. Banyak orang membelinya pada usia 3 bulan.

Sebab, masih termasuk muda sehingga lebih jinak ketika berkenalan dengan pemiliknya. Di samping itu, juga tidak terlalu kecil misalnya masih bayi yang merawatnya perlu ekstra hati-hati. Berikut adalah beberapa ciri dari kenari jantan berusia 3 bulan:

  • Ekor yang relatif panjang dibandingkan betina.
  • Mampu mengeluarkan suara ngeriwik dengan cukup keras.
  • Kakinya dapat mencengkram lebih kuat, dengan jari-jari yang jaraknya agak renggang satu dengan lainnya.
  • Terdapat bulu panjang pada bagian sekitar duburnya.
  • Tubuh yang terlihat lebih gagah dan ramping.

Demikian ulasan mengenai ciri ciri kenari jantan yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Tidak hanya keindahan suaranya, keunikan fisik kenari membuatnya digemari oleh banyak orang. Dengan membiasakan diri mengamati ciri-cirinya, akan lebih mudah untuk membedakannya di lain waktu.

 

Tinggalkan komentar