Ini Perbedaan Kenari Jantan dan Betina! Wajib Tau Biar Ga Keliru

Rajakicau.com – Burung kenari merupakan burung kicau yang sangat diminati karena memiliki suara merdu. Namun meskipun demikian tidak jarang banyak yang tidak bisa untuk membedakan jenis kelamin dari kenari tersebut. Sebenarnya perbedaan kenari jantan dan betina terlihat pada banyak hal. Baca Juga: 5 Minuman Kenari Cepat Gacor! No 1 Joss

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membedakan jenis kelamin dari burung kenari. diantaranya ialah memperhatikan ciri fisik dan perilakunya. Baca Juga: Daftar Silangan Kenari! Pahami Biar Tidak Keliru

Burung Kenari jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan yang sebenarnya cukup signifikan jika diperhatikan dengan seksama.

Perbedaan Berdasarkan Ciri Fisik

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina
Perbedaan Kenari Jantan dan BetinaPerbedaan Kenari Jantan dan Betina

Jika dilihat sekilas dari fisiknya, baik jantan maupun betina terlihat sama. Berikut beberapa perbedaan secara fisik antara kenari jantan dan betina yang perlu diketahui, antara lain:

1. Bentuk Kepala

Selain pembuluh vena, seseorang juga bisa membedakan kenari jantan dan betina dari bentuk kepala. Burung kenari jantan yang belum memiliki bulu, biasanya terlihat lebih pipih dan datar. Sedangkan untuk kenari betina memiliki bentuk kepala lebih bulat.

2. Posisi Mata Kenari

Perbedaan kenari jantan dan betina berikutnya ialah posisi matanya. Biasanya burung kenari yang sudah berusia 7 hari, sudah bisa membuka mata. Pada kenari jantan, memiliki ciri yaitu bagian mata sejajar dengan paruhnya.

Ini berbeda dengan kenari betina. Pada kenari jenis kelamin betina memiliki ciri pada bagian mata tidak sejajar dengan paruh. Biasanya letaknya berada di atas paruh.

3. Warna Pada Tulang Belakang

Umumnya kenari dengan jenis kelamin jantan memiliki warna yang pekat dan tegas di sepanjang tulang belakang. Untuk kenari betina, juga memiliki  memiliki warna yang tegas juga namun tidak penuh pada tulang belakang.

Bagi pemula, dengan ciri ini tentu akan lebih mudah membedakan jenis kelamin burung kenari. Perbedaan yang signifikan tersebut, akan memudahkan seseorang membedakan kenari jantan dan betina. Seseorang hanya perlu memperhatikan pada warna tulang belakang burung kenari untuk membedakannya.

4. Ekor

Perbedaan burung kenari jantan dan betina berikutnya terletak pada ekornya. Untuk jenis kelamin jantan, burung ini memiliki ekor yang bisa membentuk huruf V. Sedangkan pada jenis kelamin betina, ekornya juga bisa membentuk huruf V namun tidak sejelas pada burung kenari jantan. Baca Juga: 3 Ciri Ciri Kenari Jantan! Pecinta Kenari Wajib Tau

Perbedaan Berdasarkan Perilaku

Tidak hanya secara fisik, namun seseorang juga bisa melihat  jenis kelamin kenari dari perilakunya sehari-hari. Untuk mengenali kenari jantan dan betina juga bisa dibedakan menurut perilakunya. Berikut beberapa ciri kenari jantan dan betina jika dilihat dari perilakunya, antara lain:

1. Ketika Lapar

Ketika anak kenari kelaparan tentu akan mengeluarkan bunyi untuk memanggil induknya. Pada posisi inilah, seseorang bisa mengamati suara jeritannya. Jeritan anak kenari jantan, akan terdengar lebih keras dibandingkan kenari betina. Dalam hal ini, butuh kepekaan yang tinggi untuk mendengarnya.

2. Posisi Cakar Untuk Mencengkram

Selain saat kelaparan, seseorang juga bisa membedakan jenis kelamin kenari dengan melihat posisi cakar untuk mencengkram. Seperti diketahui bahwa pada umumnya setiap sangkar akan dilengkapi dengan kayu agar burung bisa bercengkrama di sana.

Untuk mengetahui jenis kelamin kenari, maka seseorang bisa memperhatikan cengkraman cakar kenari ketika bertengger di kayu. Jika jantan, biasanya memiliki cengkraman yang lebih kuat dibandingkan burung kenari betina. Baca Juga: Pola Ekor Kenari Jantan! Pecinta Kenari Harus Tau

Itulah beberapa perbedaan kenari jantan dan betina dilihat dari fisiknya. Jika dilihat sekilas, keduanya hampir sama dan tidak memiliki perbedaan secara signifikan. Padahal seperti yang sudah dijelaskan di atas, jenis kelamin jantan dan betina memiliki perbedaan pada banyak hal.

 

Tinggalkan komentar