Ini Ciri Ciri Kenari F1 yang Berkualitas! Pemula Jangan Tertipu

Rajakicau.comKenari F1 merupakan salah satu jenis unggul dari burung Kenari yang paling banyak dipelihara. Dibandingkan jenis lainnya, ciri ciri kenari F1 lebih spesifik sehingga bisa dikenali dengan mudah. Baca Juga: 3 Ciri Ciri Kenari AF Berkualitas! Pemula Jangan Tertipu

Pecinta burung harus bisa mengenali ciri tersebut agar tidak salah ketika ingin membeli kenari F1. Burung Kenari adalah peliharaan yang disukai hampir semua pecinta burung karena ukurannya kecil dan lincah.  Baca Juga: Daftar Silangan Kenari! Pahami Biar Tidak Keliru

Selain F1, masih ada jenis-jenis Kenari lainnya yang tidak kalah unggul dibandingkan jenis tersebut. Namun dari segi kepopuleran, burung Kenari F1 masih menjadi yang terdepan.

Ciri Ciri Burung Kenari F1 Berkualitas

Berdasarkan silsilah, burung Kenari F1 merupakan hasil persilangan dari jenis Yorkshire dengan Kenari lokal. Persilangan dari dua jenis tersebut memperoleh jenis Kenari dengan kualitas terbaik dan memiliki ciri yang spesifik. Berikut adalah ciri dari burung Kenari F1 yang harus diketahui: 

1. Kaki

Cara mudah mengenali burung Kenari F1 yaitu dengan melihat kaki dari burung tersebut. Ciri ciri kenari F1 murni adalah kakinya yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis lokal. Kaki yang panjang tersebut membuat pergerakan dari Kenari jenis F1 menjadi lebih lincah.

Jenis Kenari lokal biasanya memiliki kaki yang lebih pendek dibandingkan F1 murni. Kaki pendek tersebut membuat pergerakan dari Kenari lokal menjadi kurang lincah. Karena itulah kaki dan juga lincahnya pergerakan burung Kenari F1 dapat digunakan sebagai pembeda dengan jenis lainnya.

Baca Juga  Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kenari! No 2 Bikin Gacor Ngeroll

2. Pundak dan Dada

Kenari jenis F1 dapat diketahui dari bagian pundak dan dadanya yang lebih lebar. Dibandingkan dengan Kenari lokal maupun jenis lainnya, badan anakan F1 juga terlihat lebih besar. Ciri ini termasuk yang paling mencolok bersama dengan kakinya yang panjang.

Pundak dan dada bidang milik Kenari F1 diperoleh karena gabungan genetik unggul yang berasal dari induknya. Badan besar Kenari F1 diperoleh dari badan Kenari Yorkshire yang lebih besar dibandingkan jenis lain. Sedangkan untuk dada bidangnya diperoleh dari gabungan genetik kedua induknya.

3. Kemampuan Bertarung Yang Tinggi

Kenari F1 dikenal dengan jenis burung yang sangat pandai bertarung dan sering memenangkan kompetisi. Kepandaiannya dalam bertarung bahkan menjadi ciri khas yang membedakan burung Kenari F1 dengan lainnya. Namun Kenari petarung membutuhkan perawatan serta kemampuan khusus untuk menjaga kemampuannya.

4. Mudah Dijinakkan

Dibandingkan jenis Kenari lain, jenis F1 murni merupakan yang paling mudah dijinakkan. Kenari F1 juga mudah dirawat, sangat kalem dan tidak rewel ketika berganti pemilik. Karena hal itulah pecinta burung tidak perlu ragu ketika secara tiba-tiba mendapat hibah atau hadiah berupa burung Kenari F1.

5. Tingkat Adaptasi

Alasan lain Kenari F1 lebih disukai yaitu karena tingkat adaptasinya tinggi dibandingkan jenis lainnya. Burung Kenari F1 murni kadang-kadang hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk adaptasi dengan lingkungan baru. 

Ciri inilah yang juga bisa diamati oleh pembeli yang ingin memelihara burung tersebut. Burung yang tingkat adaptasinya rendah akan mudah stres ketika dihadapkan dengan lingkungan baru. 

Ciri-ciri burung yang stres yaitu suaranya yang melengking dan melakukan gerakan acak yang kacau ketika berada di kandang. Sedangkan untuk Kenari F1 lebih tenang dan tidak mengeluarkan gerakan yang menunjukan burung tersebut stres.

Baca Juga  6 Jenis Sayuran Untuk Birahi Kenari! No 4 Banyak yang Gatau

Harga Kenari F1

Setiap anakan dari burung kenari memiliki kode tersendiri tergantung dari jenis indukannya. Jenis induk dan anakan yang dihasilkan nantinya akan berpengaruh terhadap harga burung Kenari di pasaran. 

Semakin bagus dan sempurna anakan yang dihasilkan, maka harga burung tersebut akan semakin mahal. Harga Kenari F1 anakan dibandrol dengan harga 350 ribu untuk per ekornya dan 800 ribu ketika berusia 4 bulan.  Baca Juga: Pola Ekor Kenari Jantan! Pecinta Kenari Harus Tau

Harga akan terus meningkat seiring bertambahnya umur serta gacornya kemampuan dalam berkicau. Burung Kenari F1 yang sudah pernah menjuarai lomba bahkan dihargai hingga jutaan rupiah.

Mahalnya harga Kenari F1 dikarenakan popularitas dari permintaan pasar dari jenis burung tersebut yang sangat tinggi. Belum lagi kicauan dari jenis burung tersebut memang sangat merdu dengan warna bulunya yang indah. Burung Kenari F1 juga langganan memenangkan kompetisi baik lomba berkicau maupun bertarung.

Pecinta burung harus mengenali terlebih dahulu ciri ciri kenari F1 sebelum memutuskan membeli burung tersebut. Harga dari Kenari F1 sendiri cukup mahal dan tergantung dari usia serta keindahan kicauannya. Karena hal itulah perawatannya harus tepat agar Kenari yang dipelihara tidak mudah stres.

 

Tinggalkan komentar