Daftar Silangan Kenari! Pahami Biar Tidak Keliru

Rajakicau.com – Bagi yang tengah berniat berternak kenari, maka harus tahu beberapa daftar silangan kenari agar anak yang dihasilkan nantinya bagus. Penyilangan ini, tentunya bertujuan agar mendapatkan indukan anakan yang lebih baik, Juga agar jenis dari burung kenari lebih bervariasi. Baca Juga: Pola Ekor Kenari Jantan! Pecinta Kenari Harus Tau

Namun sebelum melakukan penyilangan pada burung, maka harus paham dengan jenis-jenis dari burung kenari itu sendiri. Sehingga nantinya kicau mania akan tahu nama dari turunan yang dihasilkan dari persilangan tersebut. Jadi, nantinya akan lebih untuk memperkenalkan pada orang lain. Baca Juga: 4 Jenis Warna Kenari yang Bagus! Cocok Untuk Kontes

Macam-macam Jenis Kenari

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, sebelum melakukan persilangan, maka kicau mania harus tahu apa saja macam-macam nama jenis dari burung kenari. Sebab jenis kenari sendiri bukan hanya satu atau dua saja. Baca Juga: 3 Ciri Ciri Kenari AF Berkualitas! Pemula Jangan Tertipu

Apalagi jika nanti sudah dikawin silangkan dengan jenis lain, maka jenisnya akan bertambah lagi. Adapun beberapa jenis kenari diantaranya:

1. Kenari Yorkshire

Jenis pertama adalah kenari yorkshire dengan ciri khas warna bulu keemasan, dengan tubuh tegak dan kakinya yang panjang.

2. Kenari Gloster

Pada urutan kedua ada kenari gloster, selain kicauan yang khas, jenis Gloster memiliki bulu berwarna kuning, sayap berwarna hijau dan berwarna putih pada bagian ekor.

Baca Juga  Burung Kenari Hanya Bunyi Cuit? Cukup Pakai Cara Ini Gacor Kembali

3. Kenari Border

Kenari Border menjadi salah satu jenis yang dapat ditemukan dengan ciri tubuh yang sedikit bulat dengan panjang total hingga 14 cm.

4. Kenari Af dan F1

Ada juga kenari lokal yang akan mudah kicau mania temukan. Masih ada jenis kenari AF atau F1 ada juga jenis lain karena jumlahnya pun mencapai puluhan.

Daftar Hasil Silang Burung Kenari

Daftar Tabel Persilangan Kenari
Daftar Tabel Persilangan Kenari

Setelah tahu sedikit tentang jenis kenari, maka kali ini akan dibahas pula mengenai daftar silangan kenari untuk diketahui. Di bawah ini nantinya akan menyebutkan beberapa istilah sama menamai dari hasil persilangan. Sehingga pengguna harus benar-benar memperhatikannya.

1. Lokal + Lokal = Lokal

Daftar pertama mengenai Persilangan kenari adalah antara kenari lokal dan kenari lokal pula. Pada jenis ini, maka bukan berarti akan melahirkan F1 yang artinya anak pertama. Namun jika lokal dan lokal dikawinkan, maka akan menghasilkan kenari lokal pula.

2. AF + AF = Loper

Kenari jenis AF ini merupakan kenari yang dihasilkan dari perkawinan filial F1-F2-F dalam artian, bukan fixed strain. Fixed train sendiri, merupakan jenis yang merupakan tipe F6. Dimana jika indukan keturunan F4 dikawinkan dengan indukan F5, maka menghasilkan F6 fixed train.

Perlu diketahui jika F1 adalah keturunan pertama, maka F2 keturunan kedua dan F3 keturunan ketiga. Jika dua burung dari tingkatan itu dikawinkan, hasilnya adalah AF. Sedang bila burung kenari AF dan AF dikawinkan, maka menghasilkan tipe Loper atau lokal super.

3. Lokal + Yorkshire = F1 YS

Perlu diketahui bahwa, Yorkshire juga kerap disebut dengan YS. Jika antara kenari lokal dan YS disilangkan atau dikawinkan, maka nantinya akan menghasilkan anakan F1 YS. Atau bisa diartikan sebagai keturunan pertama Yorkshire.

Baca Juga  Ini 4 Jenis dan Ciri Ciri Kenari Lizard yang Asli! No 1 Sering Ikut Lomba

4. AF + Yorkshire = F1 YS

Jika seri atau jenis AF seperti yang telah disebutkan sebelumnya disilang dengan burung Yorkshire maka akan menghasilkan F1 Ys. Jadi, memang namanya pun sama seperti keturunan hasil silang yang telah disebutkan sebelumnya. Yakni antara lokal dan Yorkshire.

5. F1 YS + Yorkshire = F2 YS

Daftar selanjutnya adalah saat F1, yang merupakan hasil persilangan dari jenis yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya. Jika disilangkan dengan yorkshire, maka akan menghasilkan anakan F2 Ys. Dalam artian merupakan turunan kedua ys. Baca Juga: Ini Perbedaan Kenari Jantan dan Betina! Wajib Tau Biar Ga Keliru

Demikian adalah sedikit dari jenis kenari dan beberapa daftar silangan kenari yang dapat dipahami. Jadi dalam dunia persilangan ini nantinya akan menemukan istilah F1 hingga F6. Namun bukan hanya mengacu pada F1-F6 saja, namun tergantung target Variabelnya.

 

Tinggalkan komentar