Ramuan Untuk Memandikan Burung Dan Pembuatannya

Tak bisa dipungkiri jika semakin hari, peminat burung kicau semakin banyak. Memang memelihara burung tidak ada ruginya, Anda bisa bisa melihat keindahan tubuh dan kicauanya setiap hari. Namun dalam memandikanya pun harus diperhatikan. Pasalnya dibandingkan dengan hanya menggunakan air biasa, Anda juga bisa mencoba ramuan untuk memandikan burung agar lebih sehat dan terhindar dari serangan penyakit berbahaya.

Ramuan Untuk Memandikan Burung Dan Pembuatannya

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja sih ramuan khusus yang dapat digunakan untuk memandikan burung kicau tersebut? simak ulasan berikut!

Rebusan Daun Pandan

Daun pandan ternyata memiliki manfaat sebagai ramuan memandikan burung. Selama ini mungkin kita hanya tahu jika daun pandan digunakan untuk pengharum makanan. Atau juga dimanfaatkan untuk pewangi kandang burung yang diletakkan di bawahnya atau digantung.

Cara memanfaatkanya yaitu dengan cara direbus. Melalui rebusan daun pandan tersebut , ternyata diyakini akan membuat burung lebih tenang dan terhindar dari stres. Selain itu, bulu-bulu burung pun akan lebih segar dan wangi.

Cara mebuat rebusan daun pandan pun cukup mudah. Pertama yaitu Anda perlu merebus beberapa helai daun pandan sesuai kebutuhan tersebut dangan beberapa gelas air. Nah, jika air sudah dingin, bisa deh langsung disemprotkan pada burung tersebut.

Air Lidah Buaya

Ramuan untuk memandikan burung lainya juga dapat dibuat dengan menggunakan air lidah buaya. Mengapa lidah buaya? Nah, ternyata gel atau lendir lidah buaya ini memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri pada burung.

Air lidah buaya ini sangat berguna digunakan terutama bagi burung yang suka mencabuti bulu-buluya sendiri karena gatal. Dengan pemberian air lidah buaya tersebut maka akan memberikan kenyamanan pada burung yang sedang mengalami iritasi atau gatal.

Selain itu, ramuan lidah buaya ini diyakani mampu menunjang kekebalan pada tubuh burung, lidah buaya juga dapat membuat burung lebih giras dengan bulu lebih indah dan juga efektif untuk membantu menghentikan pendarahan pada burung.

Cara pembuatanya pun cukup simple yaitu Anda hanya membutuhkan lidah buaya yang sudah Anda buang lendir dan juga kulit luarnya. Siapkan juga air suling, jika tidak ada Anda beli di apotek terdekat.

Nah, selanjutnya campurkan lidah buaya tadi dengan air suling, lalu masukkan ke dalam toples dan simpan selam 24 jam di kulkas. setelah itu, Anda bisa menggunakan untuk memandikan burung.

Rebusan Daun Sirih

Seperti yang kita ketahui, daun sirih memang mempunyai khasiat untuk pengobatan. Nah, salah satunya ternyata juga bisa digunakan sebagi ramuan untuk memandikan burung. fungsinya sendiri yaitu dapat menghilangkan kutu yang terdapat pada bulu burung.

Jadi jika Anda menginginkan burung lebih sehat, semprotkan rebusan daun sirih ini pada burung 4-5 hari sekali saja jangan setiap hari ya. Mengapa? Karena jika Anda menyemprotkan setiap hari malah bisa jadi berefek buruk dan memungkinkan bulu burung lengket.

Lalu bagaimana cara membuat rebusan daun sirih? Caranya mudah saja yaitu Anda perlu menyiapkan daun sirih seperlunya dan juga air secukupnya .

Rebus air yang sudah dimasuki daun sirih hingga mendidih atau hinga air tinggal setengah. Setelah itu, saring air rebusan daun sirih tersebut ya. Selesai dan tunggu hingga dingin sebelum Anda gunakan untuk memandikan burung.

Air Bekas Cucian Beras

Bagi Anda yang memelihara burung, ternyata air bekas cucian beras juga memiliki manfaat sebagai ramuan untuk memandikan burung lho guys. Cukup menguntungkan bukan? Dari pada Anda membuang air tersebut dengan percuma. Nah, jadi Anda bisa memanfaatkan untuk memandikan burung.

Fungsinya sendiri cukup baik yaitu dapat menghilangkan kutu yang terdapat pada burung. Meskipun memang efeknya hanya sementara atau tidak membuat kutu mati secara keselurahan . Namun, air beras tersebut cukup efektif digunakan untuk menghilangkan kutu.

Cara membuat ramuan untuk memandikan burung inipun sangat mudah sekali. Karena bahan yang digunakan bisa langsung Anda aplikasikan atau semprotkan ke burung tanpa harus ditambahkan bahan lainya.

Namun jika Anda menginginkan hasil yag lebih maksimal dan kutu pada tubuh burung pun bisa hilang dengan mudah, Anda bisa campurkan dengan tanaman seperti bunga mawar, daun pandan, dan daun kelor.