Ini Ciri Ciri Kenari F1YS! Pemula Awas Tertipu

rajakicau.com – Kenari F1 YS adalah salah satu jenis kenari yang saat ini sangat populer di Indonesia dan banyak dipelihara oleh pecinta burung. F1 YS merupakan hasil persilangan antara kenari f1 dan kenari yorkshire, sehingga menghasilkan burung yang memiliki keunggulan dari kedua induknya. Di samping itu, burung kenari F1 YS juga memiliki suara yang merdu, sehingga banyak dipelihara sebagai burung kicau. Baca Juga: 7 Manfaat Timun Untuk Kenari! No 3 Joss Pemula Wajib Tau

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memelihara kenari F1 YS, ada baiknya Anda mengetahui cara membedakan jenis kenari ini dengan jenis kenari lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui jenis kenari F1 YS dan Ciri Ciri Kenari F1YS dengan lengkap: Baca Juga: Harga Kenari Loper di Pasaran Hari Ini! Kenari Mania Wajib Cek

Ciri Ciri Kenari F1YS Secara Umum

Kenari F1YS adalah jenis burung kenari yang cukup populer di kalangan penangkar burung. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kenari F1YS:

  1. Memiliki warna bulu yang bervariasi, mulai dari kuning hingga coklat keabu-abuan.
  2. Cenderung memiliki suara yang keras dan bervariasi, tergantung dari faktor genetik dan lingkungan di mana burung tersebut dipelihara.
  3. Bentuk tubuhnya relatif kecil dan ramping, dengan panjang tubuh sekitar 12-13 cm.
  4. Memiliki paruh yang kecil dan ramping, serta mata yang besar dan cerah.
  5. Sifatnya aktif dan lincah, sehingga membutuhkan ruang yang cukup untuk bergerak dan terbang dalam kandang.
  6. Mudah dijinakkan dan dilatih untuk berkicau, sehingga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan dan peserta lomba burung kenari.
Baca Juga  5 Manfaat Sawi Untuk Kenari! No 3 JOSS

Ciri Ciri Kenari F1YS Jantan dan Betina

Untuk membedakan antara kenari F1YS jantan dan betina, berikut adalah beberapa ciri-cirinya:

Ciri-ciri kenari F1YS jantan:

  1. Ukuran tubuhnya cenderung lebih besar dibandingkan dengan betina.
  2. Memiliki suara yang lebih nyaring dan bervariasi.
  3. Sering terdengar mengeluarkan suara tarikan nafas panjang yang khas.
  4. Lebih aktif dan suka berkicau saat dihadapkan dengan burung kenari betina atau burung kenari lainnya.
  5. Memiliki bulu-bulu ekor yang lebih panjang dan tebal.

Ciri-ciri kenari F1YS betina:

  1. Ukuran tubuhnya cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jantan.
  2. Suaranya cenderung lebih lembut dan monoton.
  3. Kurang aktif dan cenderung lebih tenang daripada jantan.
  4. Tidak sering mengeluarkan suara tarikan nafas panjang seperti pada kenari jantan.
  5. Bulu-bulu ekor yang dimilikinya cenderung lebih pendek dan tipis.

Cara Merawat Kenari F1Ys

  1. Menyediakan kandang yang cukup besar dan nyaman dengan perlengkapan seperti tempat makan, minum, dan mandi. Kandang juga harus dijaga kebersihannya agar burung tidak terkena penyakit.
  2. Memberikan pakan yang seimbang dan bergizi seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan pakan tambahan seperti telur rebus atau kroto. Hindari memberikan makanan yang terlalu banyak gula atau lemak, serta hindari memberikan makanan yang sudah basi atau terkontaminasi.
  3. Memberikan akses ke udara segar dan sinar matahari yang cukup. Kenari F1YS membutuhkan sinar matahari pagi yang cukup untuk menjaga kesehatannya.
  4. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar kandang, seperti menjaga kebersihan air minum dan tempat mandi, serta memastikan lingkungan bebas dari serangga atau hama.
  5. Rutin membersihkan kandang dan peralatannya, serta memeriksa kondisi burung secara berkala. Jika terdapat tanda-tanda sakit atau masalah kesehatan, segera bawa kenari F1YS ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
  6. Melatih kenari F1YS secara teratur untuk berkicau atau bermain, sehingga burung tetap aktif dan sehat secara fisik dan mental.
Baca Juga  Ini Ukuran Kandang Ternak Kenari yang Benar! Pemula Wajib Tau

Kesimpulan

Kenari F1YS adalah burung kenari hasil persilangan antara jenis kenari F1 dan jenis kenari YS (Yorkshire). Burung ini memiliki ciri-ciri khas seperti suara merdu, bulu-bulu ekor yang panjang dan tebal, serta daya tahan tubuh yang cukup kuat.

Untuk merawat kenari F1YS, perlu menyediakan kandang yang cukup besar dan nyaman, memberikan pakan yang seimbang dan bergizi, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang. Selain itu, juga perlu memberikan akses ke udara segar dan sinar matahari yang cukup, serta melatih kenari F1YS secara teratur agar tetap aktif dan sehat secara fisik dan mental. Dengan merawat kenari F1YS secara baik dan benar, burung ini dapat hidup sehat dan bahagia sebagai hewan peliharaan.

Sekian info tentang ciri ciri kenari f1ys semoga bermanfaat untuk pecinta kenari mania, terus kunjungi rajakicau.com.

 

Tinggalkan komentar