BEGINI ! Cara Menambah Nafsu Makan Murai Batu (MUDAH)

Rajakicau.com – Bila anda memilihara murai batu, pasti pusing bila murai batu tersebut memiliki nafsu makan yang kurang. Kondisi ini termasuk masalah yang cukup serius karena bisa menurunkan kualitas kicauan dan juga bisa menganggu kesehatannya. Baca Juga: 6 Persiapan Kandang Murai Batu Ternak

Apabila murai batu tidak memiliki pola makan yang teratur maka akan lebih mudah terserang oleh penyakit. Dalam ulasan ini ada beberapa cara menambah nafsu makan murai batu yang efektif.

Penyebab Murai Batu Kurang Nafsu Makan

Cara Menambah Nafsu Makan Murai Batu
Murai Batu ekor panjang

Murai batu bisa kehilangan nafsu makan apabila pencernaannya sedang terganggu. Apabila hal tersebut tidak segera Anda tangani maka lambat laun burung itu akan semakin kurus dan yang paling parah bisa mengalami kematian. Selain itu, murai batu yang masih belum bisa beradaptasi pada lingkungan baru juga bisa mengalami penurunan nafsu makan. Kondisi ini sering dialami oleh burung yang baru dibeli.

Makanan yang sudah basi dan berjamur juga bisa menurunkan selera makan dari murai batu. Makanan tersebut bisa meracuni murai batu sehingga kondisinya menjadi tidak sehat dan enggan untuk makan lagi. Air yang sudah terkontaminasi bakteri dan jamur jiga bisa membuat murai batu keracunan. Selain itu, kondisi sangkar yang kotor juga bisa menurunkan selera makan dari murai batu.

Faktor lingkungan sekitar juga bisa membuat murai batu kehilangan nafsu makan. Hal ini bisa terjadi apabila keberadaan murai batu terganggu. Misalnya diganggu oleh tikus, kucing, anjing, ataupun hewan-hewan lain yang mengganggu kenyamanan dari murai batu. Keadaan ini bisa membuat mulai batu stress berat sehingga mereka kehilangan nafsu makan.

Cara Menambah Nafsu Makan Murai Batu

Ada banyak hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi permasalahan murai batu yang kurang nafsu makan.

1. Memisahkan Murai Batu dengan Burung lain

Pertama, cara menambah nafsu makan murai batu adalah dengan memisahkan murai batu dengan burung-burung yang lain. Anda harus memberi ketenangan pada burung ini. Anda juga harus menjaga agar tidak ada hewan-hewan lain yang mengganggu keberadaan murai batu.

2. Tempatkan Murai Batu di Suhu yang Tepat

Kedua, Anda harus menempatkan sangkar murai batu di tempat yang bersuhu hangat. Tempat yang bersuhu dingin bisa membuat murai batu merasa kedinginan dan itu akan membuat murai batu semakin mudah terserang penyakit. Anda bisa menempatkan sangkar murai batu di dalam rumah atau juga dengan memberi kerodong untuk menutupi sangkar burung.

3. Hindari Vitamin Atau Obat Obatan Berlebih

Ketiga, Anda harus menghindari penggunaan obat-obatan yang berlebihan. Hal ini bisa membuat murai batu tidak mau memakan makanannya. Untuk itu, Anda harus memperhatikan ketepatan dosis dari obat-obatan terlebih dahulu.

4. Perhatikan Asupan Makanan Murai Batu

Keempat, Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang disukai oleh murai batu. Jangan memberi makan segara sembarangan. Beberapa makanan sehat yang bisa menjaga nafsu makan murai batu misalnya biji-bijian, jagung manis, jemawut, jangkrik, dan buah-buahan. Pemberian pakan yang baik bisa dilakukan di waktu pagi dan sore hari. Ingat, jangan memberi makan secara berlebihan.

5. Jaga Kebersihan Sangkar dengan Baik

Kelima, lakukan pembersihan sangkar secara teratur. Jangan biarkan kondisi sangkar burung dalam keadaan kotor. Sangkar burung yang kotor bisa membuat nafsu makan murai batu menurun. Selain itu, sangkar burung yang kotor bisa menjadi sarang virus dan kuman yang bisa membahayakan kesehatan dari murai batu. Anda bisa membersihkan kandang 2-3 kali sehari secara rutin.

6. Sup Plus Bird Suplemen Penambah Nafsu Makan Murai Batu

Pemberian suplemen penambah nafsu makan juga diperlukan untuk mempercepat pemulihan murai batu. Sup Plus Bird adalah salah satu  suplemen yang bisa meningkatkan nafsu makan murai batu. Selain itu, suplemen ini juga memiliki banyak manfaat lainnya, misalnya meningkatkan metabolisme, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, serta menjadikan murai batu rajin berkicau.

Berikan 5 tetes suplemen Sup Plus Bird ke dalam air minum murai batu pada pagi hari. Lakukanlah hal tersebut secara rutin setiap hari supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah cara menambah nafsu makan murai batu .yang perlu Anda ketahi agar burung tetap dalam kondisi dehat. Cara seperti di atas sangat efektif untuk diterapkan. Lakukanlah dengan tepat. Semoga sukses.