Begini 5 Perawatan Kenari Paud Biar Cepat Gacor! Pemula Wajib Tau

Rajakicau.com – Ketahui dengan benar perawatan kenari paud bagaimana agar tidak salah langkah. Tentu sudah sangat familiar dengan buruh yang menjadi minat banyak orang untuk dipelihara. Tak hanya warnanya yang cantik, tetapi suaranya yang merdu juga mampu memikat sang penggemar burung. Baca Juga: 5 Cara Merawat Kenari Umur 2 Bulan Agar Cepat Gacor! Mudah dan Ampuh

Harga burung kenari dengan kicauan yang merdu tentu sangat mahal. Oleh sebab itu, orang memilih untuk membeli dan memeliharanya dari usia muda atau lebih dikenal istilah kenari paud. Lantas bagaimana cara perawatan untuk kenari paud dengan benar?

Cara Perawatan Kenari Paud Biar Cepat Gacor

Untuk perawatan kenari paud tidak terlalu susah, tetapi juga tidak mudah. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih merawat kenari sejak paud. Dengan perawatan yang tepat, tentu akan menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan yang bagus ke depannya. Baca Juga: Ini 3 Manfaat Tulang Sotong Untuk Kenari! No 3 Bikin Gacor

Terdapat beberapa tips untuk merawat burung kenari paud bagi pemula agar tidak salah langkah. Lengkapnya, silakan lihat beberapa tahapannya berikut:

1. Menjemur secara Rutin

Burung kenari yang usia muda tetap perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi. Akan tetapi, penjemurannya tidaklah perlu memakan waktu yang lama, sebab usia paud masih perlu dibatasi durasinya.

Fisiknya yang belum kuat, jika kepanasan akan menyebabkan pernapasan yang kurang lancar. Hal itu tentu tidak bagus untuk burung kenari paud. Dikhawatirkan burung memiliki nafas yang pendek saat berkicau. Durasi sebaiknya maksimal selama 30 menit dan dibawah jam 7 pagi.

Baca Juga  5 Ciri Kenari Jantan Bakalan! Pemula Wajib Tau

2. Memberikan Extra Food

Burung kenari paud tentu juga memerlukan pemberian extra food untuk pertumbuhannya, selain makanan utamanya. Untuk extra food, pemilik bisa memberikan jagung manis, gambas, atau lainnya.

Selain itu, bisa juga menambahkan telur puyuh setiap dua hari sekali supaya tidak mengonsumsi protein yang berlebih. Apabila telah mencapai usia 3 bulan, pemberian telur puyuh tidak diperlukan. Fungsi diberikannya extra food yaitu agar burung kenari dapat tumbuh lebih besar.

3. Melakukan Pemasteran

Saat burung kenari paud mulai mengeluarkan suara kecil dan halus, pemilik perlu melakukan pemasteran. Biasanya terjadi saat usianya sudah 1 bulan. Pelatihan dapat dilakukan dengan suara burung kenari yang durasinya panjang dan lantang atau bisa juga memakai suara burung gelatik.

Melatih secara efektif dengan burung asli, bukan melalui YouTube atau mp3. Pengguna dapat dekatkan sangkar burung kenari yang sudah gacor dan beri sekat. Tujuannya supaya burung kenari paud tidak melihat secara langsung burung lainnya dan fokus dengan suara yang didengarnya.

4. Melakukan Umbaran

Burung paud kenari yang sudah mencapai usia 3 atau 4 bulan bisa dilakukan umbaran. Saat usia segitu, burung kenari sudah mampu berkicau, akan tetapi volume yang dihasilkan masih kecil.

Selain itu, burung kenari juga bisa dijemur dengan durasi yang lama yakni 1 jam. Tak lupa untuk dilatih umbaran dengan cara dibiarkan terbang sendiri. Saat proses umbaran tersebut, di dalam sangkarnya bisa sediakan makanan dan minumannya.

Pemberian Makan Burung Kenari Paud

Setelah mengetahui cara perawatan kenari paud, pemilik kini perlu mengetahui informasi terkait makanan burung kenari. Pemberian makanan secara benar tentu mampu membantu proses tumbuh dan kembangnya.

Ada beberapa tips pemberian makanan untuk kenari paud yang bisa diikuti pemilik. Diantaranya yakni sebagai berikut:

  1. Tidak memberikan makan secara berlebihan. Pemberian makan pada kenari paud janganlah sampai berlebihan, harus sesuai dengan takarannya. Apabila kelebihan, dikhawatirkan akan menjadi gemuk. Selain itu, burung akan malas untuk mengeluarkan suara. Sebaiknya pemberian biji-bijian dalam ukuran sepertiga cepuk pakan saja.
  2. Rutin memberikan extra food. Untuk nutrisi tambahan kenari paud, pemilik dapat secara rutin memberikannya melalui extra food. Supaya hasil lebih maksimal, dapat dicampurkan dengan sayur atau buah yang telah dipotong kecil dan masukkan ke dalam cepuk.
  3. Beri makan telur. Selain extra food tersebut, kenari paud juga bagus sekali jika diberikan makan telur untuk menambah staminanya. Telur puyuh yang sudah matang tersebut dipotong dan taruh di dalam cepuk. Pemberiannya dapat dilakukan 1 minggu sekali.
  4. Beri makan dedaunan. Pemberian dedaunan diyakini bisa membuat kenari menghasilkan suara yang jernih dan lepas ketika berkicau. Penggunaan daunnya dapat berasal dari tanaman krokot, mengkudu, dewa, dan lainnya.
Baca Juga  Harga Kenari Loper di Pasaran Hari Ini! Kenari Mania Wajib Cek

Itulah perawatan kenari paud dan cara pemberian makan dengan benar yang bisa diikuti pemula. Tentu dengan perawatan yang benar dan tepat dapat menghasilkan burung kenari dengan tumbuh dan kembang yang baik.

 

Tinggalkan komentar